Tips Menyimpan Makanan di Kulkas dari Ahli Gizi

Suara.com - Anda memang harus tahu tips menyimpan makanan di kulkas agar tetap sehat sehingga aman dikonsumsi.

Untuk membuat bahan pangan tetap segar sebagian dari kita tentu memilih untuk menyimpannya di lemari pendingin atau kulkas. Nah, meski lemari pendingin bermanfaat untuk membuatnya tetap awet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bahan pangan tidak terkontaminasi bakteri.

Disampaikan dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, sebaiknya setiap bahan pangan baik itu sayuran, buah-buahan, daging dan ikan disimpan di wadah terpisah sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Pilihlah wadah tertutup untuk mencegah kontaminasi bakteri berbahaya.

"Setiap bahan pangan punya masa simpan masing-masing. Daging potong misalnya bisa bertahan 3-5 hari di kulkas, ayam utuh 1-2 hari, telur utuh 3-5 minggu, keju 3-4 minggu," ujar dia di sela-sela Edukasi ’Menu Aman Pilihan lbu, lnspirasi Hidup Sehat Keluarga’ di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Untuk sayuran, daging dan ikan pastikan untuk mencucinya hanya ketika akan dimasak. Selain itu pastikan Anda segera menyimpannya di lemari es dua jam setelah membelinya dari pasar atau supermarket.

"Sayur juga gitu cuci dulu baru potong. Jadi kalau dikupas nggak dicuci kuman bisa nempel. Nyucinya harus pakai air mengalir tapi nggak usah pakai sabun," tambah dia.

Lalu dr Juwita juga mengingatkan Anda untuk menghindari kontaminasi silang seperti menggunakan talenan dan pisau berbeda atau mencucinya terlebih duli hingga bersih sebelum memotong jenis bahan pangan lain.

Khusus untuk makanan beku, dr Juwita mengatakan sebelum diolah Anda bisa melakukan beberapa cara untuk membuatnya kembali pada suhu ruang. Pertama Anda bisa merendamnya dengan air dingin namun pastikan meletakkannya dalam plastik rapat untuk mencegah kontaminasi bakteri.

"Tapi pastikan mengganti airnya setiap 30 menit sekali. Cara kedua pindahkan ke chiller di bawah. Cara ketiga bisa pakai microwave," jelasnya.

Itulah tips menyimpan makanan di Kulkas dari ahli gizi, dr. Juwalita Surapsari.

Baca Juga

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Tips Menyimpan Makanan di Kulkas dari Ahli Gizi : https://ift.tt/2Sc9Pei

0 komentar:

Posting Komentar