7 Fobia Aneh Terkait Natal, Takut Kado Hingga Kilau Pernak-pernik

Suara.com - Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Fobia menjadi ketakutan yang meluap-luap dan melemahkan sesuatu baik itu objek, tempat, situasi, perasaan, atau binatang. Seseorang dengan fobia mengalami perasaan bahaya yang kerapkali tidak realistis.

Bicara Natal , ternyata ada beberapa fobia yang diketahui yang berhubungan dengan Natal. Melansir Healthcentral, berikut 6 fobia terkait perayaan Natal.

Selafobia

Natal adalah masa dimana banyak pernak-pernik penuh warna dan kilauan - tetapi itu bisa menyebabkan kesulitan bagi selafobik, yang takut akan cahaya  berkedip. Fobia terkadang berkembang melalui hubungan negatif. Seseorang dengan selaphobia biasanya mengalami migrain atau kejang akibat lampu berkedip. Atau, lampu kilat dapat memicu ingatan traumatis sejak kecil atau mungkin ketika konflik saat bekerja dalam militer.

Cyssanophobia

Menurut tradisi, itu adalah nasib buruk untuk menolak ciuman. Secara realistis, rasa takut tersebut lebih kecil kemungkinannya berkaitan dengan trauma dicengkeram dan dicium oleh orang asing.

Syngenesophobia

Syngenesophobia, kadang-kadang disebut familiaphobia, yang mengacu pada rasa takut terhadap kerabat, yang dapat mencakup keluarga dekat, seperti saudara kandung, atau hubungan yang lebih jauh. Entah itu mertua yang suka menuntut, dan lain-lain. Rasa takut ini menghasilkan penghindaran, penyakit fisik, dan lebih banyak lagi rasa takut itu sendiri.

Meleagrisphobia

Kalkun panggang besar adalah makanan Natal tradisional bagi sebagian orang, tetapi orang dengan meleagrisphobia mungkin tidak bahagia ketika menemukan ada kalkun di meja makan. Meleagrisphobia mengacu pada rasa takut pada kalkun. Beberapa meleagrisphobik baik-baik saja dengan variasi yang dimasak, tetapi jangan minta mereka pergi ke dekat kalkun hidup.

Phonophobia

Natal tradisional di Inggris terkadang berbagi hadiah dengan cracker, kue, yang dililit kardus berhias yang akan terbuka dengan suatu ledakan kecil mengagetkan. Banyak orang tidak menyukai suara keras, tetapi beberapa orang benar-benar takut pada hal-hal atau kado yang mengagetkan itu. Fonofobia, juga disebut sebagai ligyrophobia yang takut akan suara keras. Jangan kaget jika Anda melihat fonofobik meninggalkan ruangan selama di ruangan banyak anak-anak yang membuka hadiah yang mengagetkan.

Ghabhphobia

Siapa yang tidak suka hadiah? Seseorang dengan ghabhphobia tentu saja. Ghabhphobia adalah seseorang dengan kecemasan sosial yang membenci perhatian yang diberikan kepadanya baik itu saat ia menerima hadiah. Kecemasan ini berlanjut ketika semua orang menatap dirinya menunggu untuk membuka kado.

Christougenniatikophobia

Orang mungkin memiliki perasaan campur aduk tentang Natal, tetapi seseorang dengan Christougenniatikophobia memiliki ketakutan penuh terhadap Natal itu sendiri. Fobia biasanya berkembang pada anak usia dini dan mungkin tumpang tindih atau termasuk beberapa fobia yang sebelumnya terdaftar. Takut pada BSinterklas (santaphobia), pesta (simbosiophobia), atau ritual Natal lainnya yang semuanya itu menjadi sebuah kumpulan fobia Natal .

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 7 Fobia Aneh Terkait Natal, Takut Kado Hingga Kilau Pernak-pernik : http://bit.ly/2EKfsfM

0 komentar:

Posting Komentar