Ayah yang Depresi Ternyata Bisa Menurun kepada Anak Perempuan

Suara.com - Depresi usai melahirkan tak hanya dialami kaum hawa tapi juga lelaki. Umumnya bagi lelaki yang baru pertama kali jadi ayah akan mengalami kebingungan bagaimana mengurus si kecil dan menafkahinya. Hal ini kerap memicu ketakutan berlebih hingga depresi.

Kabar buruknya depresi ini akan menurun pada buah hatinya yang berjenis kelamin perempuan. Temuan ini didapat setelah peneliti Cambridge menganalisis sekitar 3000 keluarga di Bristol, Inggris. Peneliti Paul Ramchandani mengatakan bahwa bahwa ayah yang mengalami depresi meningkatkan risiko putri mereka mengembangkan kondisi yang sama di usia 18 tahun.

"Tampaknya depresi pada ayah juga berpengaruh pada peningkatan tingkat stres di seluruh keluarga termasuk anak perempuannya. Penelitian ini menyoroti pentingnya memberikan bantuan yang tepat kepada ayah, serta ibu, yang mungkin mengalami depresi," kata Paul seperti mengutip Nypost.

Menariknya anak laki-laki tidak terpengaruh kondisi ini. Paul mengakui belum jelas mengapa anak perempuan lebih terpengaruh dibandingkan anak laki-laki. Ia menyebut ada kaitan antara hubungan ayah dan putrinya yang begitu dekat terutama ketika sang anak memasuki usia remaja.

"Temuan ini penting karena selama ini depresi pasca melahirkan hanya dianggap masalah bagi perempuan tetapi ternyata juga dapat dialami lelaki," tandas dia.

Tuh untuk para ayah, terutama ayah baru, semoga bisa lebih tenang dan sabar menghadapi kehidupan berkeluarga.

Baca Juga

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Ayah yang Depresi Ternyata Bisa Menurun kepada Anak Perempuan : http://bit.ly/2GIqCUV

0 komentar:

Posting Komentar