Waspada, Serangan Jantung Bisa Jadi Gejala Kanker Lho!

Suara.com - Serangan jantung dan kanker adalah dua penyakit yang berbeda. Namun tahukah Anda bahwa ternyata keduanya saling berkaitan?

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 374.331 jiwa berusia 76 tahun menemukan bahwa serangan jantung mungkin bisa menjadi salah satu gejala kanker .

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2005-2013 menemukan bahwa pada responden yang mengidap kanker, sebelumnya telah memiliki riwayat penyakit jantung dan stroke. Peneliti mengatakan bahwa tujuh bulan pertama analisis, tidak ada perbedaan antara kedua kelompok.

Namun beberapa waktu kemudian, risiko kejadian kardiovaskular meningkat pada pasien yang didiagnosis menderita kanker setelahnya. Satu bulan sebelum diagnosis, pasien kanker berisiko lima kali lipat terkena serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak didiagnosis kanker.

"Kami menemukan bahwa risiko tertinggi adalah mereka yang didiagnosis kanker paru-paru dan kolorektal. Mungkin kanker mengganggu sistem peredarah darah yang kemudian mengarah pada kejadian kardiovaskular," ujar Dr. Babak Navi, seorang profesor neurologi di Weill Cornell Medicine, dikutip dari NY Times.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Blood menggaris bawahi bahwa temuan ini mungkin tidak berlaku untuk pasien yang lebih muda. Namun bagi Anda yang mengalami serangan jantung atau stroke tidak ada salahnya menjalani deteksi dini kanker.

"Saya tidak ingin melebih-lebihkan risiko yang menghubungkan kanker dengan serangan jantung atau stroke. Tetapi penelitian ini menunjukkan kaitan antara keduanya," tandas dia.

Baca Juga

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Waspada, Serangan Jantung Bisa Jadi Gejala Kanker Lho! : http://bit.ly/2rWbXuU

0 komentar:

Posting Komentar