Usai Ebola, Afrika Kini Dihantui Virus Marburg

Suara.com - Kelelawar buah Mesir, yang tersebar luas di benua Afrika, disebut menjadi pembawa virus Marburg yang mematikan.
Virus Marburg , sepupu mematikan virus Ebola , telah diisolasi pada kelelawar buah yang ditangkap di Sierra Leone. Penangkapan ini menandai pertama kali ditemukannya Virus Marburg di Afrika Barat.

Lima kelelawar yang ditangkap di tiga distrik kesehatan di Afrika dinyatakan positif terkena virus Marburg, hal ini diungkapkan tim ilmuwan yang dipimpin oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan Universitas Njala di Sierra Leone, Universitas California-Davis, serta Universitas Makeni di Sierra Leone.

Penemuan ini merupakan bagian dari upaya yang dipimpin AS untuk menemukan patogen berbahaya pada hewan sebelum manusia terancam.

Kelelawar buah rousette Mesir diketahui menyimpan virus di tempat lain di Afrika,

"Jadi tidak mengejutkan bahwa kami menemukan virus pada kelelawar di sana, (di Afrika Barat) kata Jonathan S. Towner, spesialis penyakit ekologi yang memimpin C.D.C. tim seperti dilansir NYTimes.

Pengujian ini dilakukan sebagai bagian dari upaya yang relatif baru yang dipimpin Amerika untuk menemukan patogen berbahaya yang mengintai binatang dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah mereka agar tidak masuk ke lingkungan manusia dan memicu wabah mematikan.

Pendekatan "satu kesehatan" berarti menyatukan pekerjaan dokter dan dokter hewan - dan kadang-kadang ahli biologi tanaman - untuk mencari ancaman bagi manusia yang mengintai spesies lain.

Kelelawar buah Mesir - juga disebut "rubah terbang," karena wajah mereka yang seperti anjing - ditemukan sejauh selatan Afrika Selatan dan timur jauh seperti Pakistan dan India utara. Mereka tidak bermigrasi, tetapi tidak diketahui seberapa jauh kisaran individu atau kelompok.

Pengujian genetik menemukan beberapa jenis virus di setiap kelelawar, menunjukkan bahwa virus tersebut telah beredar di koloni-koloni Afrika Barat selama bertahun-tahun.

Belum ada wabah Marburg yang menyerang manusia, tetapi potensi untuk itu ada.

Dari 2013 hingga 2016, Afrika Barat mengalami wabah Ebola terbesar dalam sejarah, yang menewaskan lebih dari 11.000 orang. Pasien pertama diduga adalah seorang anak yang sering bermain di pohon yang dipenuhi kelelawar.

Virus ini pertama kali terdeteksi pada tahun 1967, sembilan tahun sebelum ditemukannya Ebola. Sebuah penyakit misterius yang termasuk demam berdarah menimpa para pekerja di sebuah pabrik vaksin yang telah menangani pengiriman monyet hijau dari Uganda. Virus itu juga menginfeksi orang di Frankfurt dan Beograd; 31 orang jatuh sakit, dan tujuh meninggal.

Kelelawar memiliki panjang sekitar enam inci dengan lebar sayap dua kaki; mereka bertengger di gua-gua atau di hutan lebat, dan keluar di malam hari untuk makan buah - kebiasaan yang membuat petani buah meracuni banyak dari mereka.

Kelelawar menumpahkan virus dalam kotoran, air seni, dan air liur mereka. Para ilmuwan percaya hewan, termasuk monyet, dapat mengambil virus Marburg dengan memakan buah yang telah digerogoti kelelawar.

Virus Marburg yang menyerang Manusia mungkin didapatkan dari digigit ketika mereka menangkap kelelawar untuk dimakan, dari luka saat persiapan makanan atau dari guano kelelawar yang menular. Kebanyakan wabah manusia telah dimulai pada orang yang mengunjungi gua yang dipenuhi kelelawar.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Usai Ebola, Afrika Kini Dihantui Virus Marburg : http://bit.ly/2Ss8U9t

0 komentar:

Posting Komentar