Mengenal 4 Jenis Kanker Darah, Penyakit yang Menyerang Dian Pramana Poetra

Suara.com - Musisi legendaris Dian Pramana Poetra meninggal dunia karena kanker darah . Kerabat menyebut Dian Pramana Poetra sudah lama bergelut dengan penyakit kanker darah stadium 4.

"Kalau dirawat di rumah sakit Hermina baru kemarin. Tapi kalau merasakan sakitnya itu sudah sekitar seminggu lalu. Tapi dia nggak pernah mau diajak ke dokter," kata Deddy Dhukun, sahabatnya, beberapa waktu lalu.

Kanker darah atau leukemia , biasa juga ditulis leukimia, merupakan penyakit yang menyerang sumsum tulang belakang. Penyakit ini menyebabkan terganggunya proses produk sel-sel darah, sehingga pengidapnya rentan mengalami memar karena lambatnya pembekuan darah.

Dilansir Mayo Clinic, kanker darah sendiri memiliki 4 jenis, yang dibagi berdasarkan lokasi sel kanker muncul dan tingkat keganasannya. Apa saja?

Acute lymphoblastic leukemia (ALL)

ALL merupakan penyakit kanker darah yang terjadi akibat pembentukan sel darah putih yang abnormal. Sel darah putih abnormal ini akhirnya menyebar, dan menyerang sumsum tulang belakang.

ALL merupakan jenis kanker darah yang ganas, karena penyebaran sel darah putih abnormal ini bisa menyebar ke organ tubuh lain secara cepat.

Anak-anak berusia di bawah 15 tahun merupakan kelompok paling berisiko mengalami kanker darah ALL. Meski begitu, sebagian kecil populasi lansia dan orang dewasa juga bisa mengalami ALL, dengan dampak yang lebih parah.

Chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Berbanding terbalik dengan ALL yang cepat menyebar dan ganas, kanker darah CLL justru memiliki waktu lama untuk bisa berkembang dan menyerang tubuh.

Selama bertahun-tahun, kanker darah CLL akan bersemayam di organ limfosit sumsum tulang, sebelum akhirnya menyerang liver dan organ tubuh lainnya. Saat itulah, pasien kanker darah CLL baru merasakan sakit.

Acute myeloid leukemia (AML)

Kanker darah AML terjadi di sumsum tulang belakang. Karena akut, kanker darah AML juga menyebar dan tumbuh ganas dengan cepat.

Jika pada kanker darah ALL hanya sel darah putih abnormal yang menyerang sumsum tulang belakang, pada kanker darah AML sel darah merah dan platelet (keping darah) pun juga menjadi abnormal.

Hal ini mengakibatkan dampak kanker darah AML sangat ganas, karena kepingan darah, sel darah putih, dan sel darah merah abnormal tersebut bisa menyerang organ tubuh lainnya.

Chronic myeloid leukemia (CML)

Terakhir, ada kanker darah CML. Kanker darah CLM adalah jenis leukemia yang penyebarannya lambat, tapi sangat mematikan. Dampak yang ditimbulkan oleh kanker darah CML bisa lebih berat dari jenis kanker darah lainnya.

Berbeda dengan jenis kanker darah lainnya, CML diketahui berkaitan dengan kromosom abnormal bernama kromosom Philadelphia.

Itulah 4 jenis kanker darah, penyakit yang merenggut nyawa musisi legendaris Dian Pramana Poetra.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Mengenal 4 Jenis Kanker Darah, Penyakit yang Menyerang Dian Pramana Poetra : http://bit.ly/2Amd7o6

0 komentar:

Posting Komentar