Jadi Gas Beracun, Ini 4 Bahan Cairan Pembersih yang Dilarang Dicampur

Suara.com - Ternyata, menyimpan produk kebersihan rumah dalam satu tempat bisa sangat berbahaya. Hal itulah yang dipelajari oleh Dominique Heath, seorang ibu yang tanpa sadar mencampur cairan toilet unblocker dan cairan pemutih pakaian saat membersihkan toilet tersumbat.

Tanpa sengaja ia menciptakan awan gas klorin beracun, senjata kimia yang biasa digunakan dalam perang.

Tiba-tiba saja Heath merasa mata dan tenggorokannya terbakar. Ia lalu menelepon pemadam kebakaran yang dengan cepat mengevakuasi Heath dari rumahnya sendiri. 

Tetapi nyatanya, hal tersebut bukan satu-satunya kombinasi bahan kimia yang harus Anda khawatirkan. Apa saja bahan kimia yang tidak boleh dicampur? Berikut seperti mengutip Mirror.

Hindari mencampur cairan pemutih

Misal, mencampur cairan pemutih pada hal lain selain air adalah ide yang sangat sangat buruk. Apa yang terjadi jika Anda secara tidak sengaja mencampur pemutih dengan sesuatu selain air?

Mencampur cairan pemutih dengan perlengkapan pembersih rumah seperti semir furnitur, pembersih jendela, pembersih oven atau apa pun yang mengandung amonia dapat menghasilkan uap kloramin yang dapat menyebabkan mual-mual, batuk, sesak napas bahkan pneumonia.

Mencampur pemutih dengan cuka.

Meskipun kombinasi tersebut terdengar seperti cairan desinfektan yang bagus, campuran antara pemutih dengan cuka akan membuat gas klorin yang berbahaya.

Alkohol juga harus Anda simpan jauh-jauh dari pembersih rumah seperti pemutih. Karena campuran keduanya akan membuat asam klorida dan kloroform yang bisa membuat seseorang pingsan bahkan kematian.

Selain itu, asam klorida juga dapat menyebabkan luka bakar pada kulit.

Cairan hidrogen dan cuka

Produk lain yang harus Anda hindari adalah campuran hidrogen peroksida dan cuka yang dapat membentuk asam perasetat yang menyebabkan iritasi pada kulit, mata, dan sistem pernapasan.

Soda kue dan cuka

Bukan hanya peralatan rumah tangga, Anda juga harus memastikan di dapur, soda kue dan cuka disimpan pada jarak yang cukup jauh. Ketika tercampur bersama, soda kue akan berbusa dan bisa meledak.

Itulah bahan-bahan cairan pembersih yang tidak boleh dicampur satu sama lain.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jadi Gas Beracun, Ini 4 Bahan Cairan Pembersih yang Dilarang Dicampur : http://bit.ly/2AopBvH

0 komentar:

Posting Komentar