Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Expired Date dan Best Before pada Makanan

Suara.com - Saat membeli makanan, hal pertama yang biasa dilakukan adalah melihat tanggal kedaluwarsa atau expired date . Namun, terkadang yang tercantum bukanlah itu, tetapi justru best before .

Bagi para awam, kedua kalimat di atas mungkin sama-sama diartikan sebagai batas tanggal konsumsi. Tapi jangan salah, karena keduanya memiliki arti yang berbeda. 

Merangkum dari Himedik.com, seorang pakar kesehatan dan diet bernama dr. Grace Judio-Kahl mengatakan bahwa pencantuman tanggal kedaluwarsa ini dilakukan oleh produsen sebagai bentuk antisipasi dan tanda bahwa kualitas makanan atau minuman akan menurun.

Dengan menetapkan tanggal tersebut, maka diharapkan konsumen tidak mengonsumsi makanan yang sudah menurun kualitasnya, yang mana bisa memicu keracunan.

Saat menetapkan tanda kedaluwarsa ini, sebenarnya pihak produsen sudah melakukan berbagai tes sebelum memasarkannya. Dalam tes ini, mereka bisa mengetahui kapan makanan atau minuman mulai mengalami perubahan mulai dari aroma, tampilan, hingga tumbuhnya bakteri.

Lalu apa yang membedakan expired date dan best before? Berikut ulasan lengkapnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Expired Date dan Best Before pada Makanan : http://bit.ly/2QSjyK7

0 komentar:

Posting Komentar