Meski Kena Radiasi, Astronot Tetap Bisa Panjang Umur Lho!

Suara.com - Siapa bilang jadi astronot tidak bisa panjang umur ? Anggapan tersebut dibantah oleh studi terbaru dari Amerika Serikat.

Astronot yang bekerja di luar angkasa berisiko terpapar berbagai macam radiasi yang disebut bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Namun, studi yang diterbitkan di jurnal Occupational & Environmental Medicine menyebut angka harapan hidup astronot tidak berbeda dengan orang kebanyakan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang sudah dilakukan selama 60 tahun menggunakan data astronot lelaki asal Amerika Serikat.

Peneliti menyebut astronot memiliki tingkat pendidikan yang baik, kondisi tubuh yang lebih prima dibandingkan banyak orang, dan mengadopsi gaya hidup sehat. Tiga faktor tersebut membuat astronot bisa panjang umur, dan memiliki angka harapan hidup sama seperti atlet profesional.

"Tantangan kami menjawab apakah tinggal di luar angkasa seperti astronot memengaruhi kesehatan, dan apa bedanya mereka dengan kita yang tidak pernah pergi ke luar angkasa," ujar peneliti studi Robert Reynolds dari Mortality Research & Consulting, dilansir Reuters.

Secara umum, angka harapan hidup astronot setara dengan atlet profesional NBA ataupun MLB.

Yang unik, astronot disebut berisiko lebih besar meninggal karena kecelakaan dan penyebab eksternal lainnya daripada penyakit jantung.

Peneliti berharap studi ini dapat menjawab keresahan masyarakat. Sebabnya, wacana untuk migrasi ke luar angkasa akibat bumi yang semakin penuh dan tak nyaman semakin dekat diwujudkan.

Baca Juga

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Meski Kena Radiasi, Astronot Tetap Bisa Panjang Umur Lho! : http://bit.ly/2So3BIb

0 komentar:

Posting Komentar