Punya Anak Remaja, Bekali Ia dengan Kemampuan Dasar Ini

Suara.com - Sebagai orangtua , wajar jika Anda amat mencintai dan ingin melindungi anak-anak Anda dari berbagai kesulitan hidup yang mungkin akan dihadapinya. Tapi tahukah Anda bahwa perilaku over proteksi dapat membuat anak-anak tidak siap menghadapi dunia dan kehidupan ketika mereka dewasa nanti.

"Niatnya baik, tapi ketika orangtua terlalu banyak membantu anak, Anda menghilangkan banyak kesempatan mereka untuk belajar bersiap-siap menghadapi dunia nyata," kata Julie Lythcott-Haims, mantan dekan mahasiswa baru di Stanford University dan penulis buku How to Raise an Adult: Break Free of the Overparenting Trap and Prepare Your Kid for Success.

Nah, apakah Anda siap untuk menghentikan pengasuhan yang berlebihan dan mempersiapkan anak Anda untuk hidup sebagai orang dewasa muda? Dilansir dari laman Parenting, Lythcott-Haims membagikan beberapa keterampilan hidup dasar yang harus diketahui oleh setiap anak sebelum mereka masuk SMA.

1. Membuat makanan sendiri
Tak seperti anak usia sekolah dasar yang harus disediakan segala sesuatunya, ketika anak memasuki pertengahan belasan tahun, Anda harus pastikan ia mampu memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri, salah satunya membuat makanan sendiri ketika tak ada orang dewasa yang melakukan hal itu untuknya. Cukup yang mudah-mudah saja, seperti menggoreng telur, merebus mi, menanak nasi, atau sekadar menghangatkan sayur.

2. Bangun sendiri tepat waktu
"Pada saat anak Anda mulai masuk SMA, ia seharusnya sudah bisa bangun pagi sendiri tanpa dibangunkan. Ini persiapan untuk mereka kuliah nantinya, ketika mereka harus tinggal jauh dan terpisah dari Anda.

3. Mencuci baju sendiri
Meski Anda selalu mampu membayar asisten untuk melakukan hal itu, pastikan anak memiliki kemampuan dasar untuk mencuci bajunya sendiri ketika kondisi benar-benar mengharuskannya. Mulailah dengan memberi contoh secara langsung pada mereka, dan ajak mereka mencuci baju bersama.

4. Memesan makanan di restoran
Anak harus bisa memesan makanan sendiri di restoran, bagaimana cara membaca menu, bertanya pada pelayanan, serta membayar bill setelah makan. Ingat, ada saatnya ia harus pergi memebeli makanan sendiri tanpa bersama Anda.

5. Berbicara dengan orang asing
Kehidupan mereka kelak akan dikelilingi oleh orang-orang asing, sehingga Anda tak bisa lagi menerapkan aturan 'Jangan berbicara dengan orang asing'. Aturan yang benar adalah, ajarkan anak untuk membedakan antara orang asing yang mencurigakan dengan mayoritas orang asing normal. Itulah keterampilan yang dibutuhkannya.

6. Pergi berbelanja
Anak Anda mungkin sudah sering ikut berbelanja bersama Anda. Tapi bisakah ia berbelanja sendiri? Ketika diperlukan, anak harus tahu bagaimana cara belanja di supermarket, atau pasar.

7. Naik transportasi umum
Jangan alergi mengajak anak naik transportasi umum. Justru hal ini harus diperkenalkan sejak dini. Bagaimana jika suatu hari ia harus sekolah di luar negeri, di mana satu-satunya transportasi yang bisa dijangkau adalah transportasi umum?

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Punya Anak Remaja, Bekali Ia dengan Kemampuan Dasar Ini : http://bit.ly/2LF1jSB

0 komentar:

Posting Komentar