Mengenal Endoskopi, Teknik yang Dipakai Dokter Angkat Peluit di Tubuh Asep

Suara.com - Peluit yang bersarang dalam paru-paru bocah Asep Yaya (9) sejak dua bulan terakhir, akhirnya sukses dikeluarkan oleh tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/12/2018).

Agar peluit bisa dikeluarkan, tim dokter mengaku menjalankan prosedur endoskopi . Tim dokter mengatakan peluit sepatu tersebut tidak berdampak terhadap gangguan pernafasan, akan tetapi jika tak segera diangkat bisa menimbulkan risiko serius.

Kepala KSM Ilmu Kesehatan THT-KL RSHS dr Lina Lasminingrum, Sp.THT-KL (K) mengatakan, pengambilan peluit dari paru-paru Asep Yaya melalui proses endoskopi sukses dilakukan.

Alat tersebut dimasukkan ke dalam saluran pernapasan Asep, kemudian peluit berhasil diambil. Sebenarnya apa sih metode endoskopi? Yuk kenal lebih dekat fakta dan teknik Endoskopi.

"Endoskopi dilakukan selama satu jam. Naik meja operasi jam 08.00 WIB, dapat laporan pukul 09.00 WIB. Tidak ada pembedahan ya, tapi peluit diambil melalui proses endoskopi," kata dr Lina kepada kontributor Suara.com ketika ditemui di RSHS Bandung.

Mengutip Webmd, Endoskopi merupakan salah satu peralatan kedokteran untuk melakukan pemindaian atau meneropong penyakit pada organ pencernaan. Peralatan ini dilengkapi kamera super kecil yang dihubungkan dengan komputer.

Prosedur non-bedah ini biasanya digunakan untuk memeriksa bagian dalam tubuh manusia. Baik itu di bagian atas, paru-paru hingga saluran pencernaan seseorang. Endoskopi menyerupai tabung fleksibel dengan cahaya dan kamera yang melekat di ujungnya. Dokter nantinya dapat melihat gambar saluran pencernaan Anda di monitor.

Selama endoskopi bagian atas, endoskopi melewati mulut dan tenggorokan dan masuk ke kerongkongan, memungkinkan dokter melihat kerongkongan, perut, dan bagian atas usus kecil.

Demikian pula, endoskopi dapat dilewatkan ke usus besar (kolon) melalui rektum untuk memeriksa area usus ini. Prosedur ini disebut sigmoidoskopi atau kolonoskopi tergantung pada seberapa jauh usus besar diperiksa.

Untuk diketahui, endoskopi adalah prosedur memasukkan alat yang dilengkapi serat optik dan teknologi video untuk menginspeksi tubuh bagian dalam.

Baca Juga

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Mengenal Endoskopi, Teknik yang Dipakai Dokter Angkat Peluit di Tubuh Asep : https://ift.tt/2SVzOX8

0 komentar:

Posting Komentar