Jangan Cukur Bulu Kaki Saat Lakukan perawatan Ini, Bisa Infeksi

Suara.com - Kaum perempuan harus tahu, bahwa risiko infeksi mengintai bila mencukur bulu kaki saat akan perawatan manikur dan pedikur .

Ini penting untuk diketahui, karena mencukur bulu kaki memang kerap dilakukan perempuan, khususnya saat melakukan perawatan kaki dan kuku jari kaki seperti manikur serta pedikur di salon.

Dilansir dari InStyle, melakukan pencukuran atau wax bulu kaki sebelum manikur dan pedikur bisa membuat kita terkena infeksi.

Hal tersebut diungkapkan oleh dermatolog yang berbasis di Georgia dan American Academy of Dermatology Fellow, Dr Lauren Ploch.

''Mencukur kaki dapat menyebabkan microfissures (seperti torehan kecil) di kulit, meningkatkan risiko infeksi setelah pedikur,'' jelasnya.

Ketika kita melakukan pedikur dengan kulit kaki sensitif sehabis bercukur, kemungkinan terjadinya kontaminasi bakteri tentu akan lebih besar.

Sebab bakteri, jamur, atau virus bersembunyi di dalam bak pedikur yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menempel dan mengakibatkan infeksi.

Salon kecantikan memang diharuskan untuk melakukan sterilisasi alat-alat hingga wadah perendam kaki demi kesehatan pengunjung. Namun masih ada kemungkinan bakteri yang tertinggal.

''Baskom mungkin terlihat sangat bersih, tetapi mungkin mengandung bakteri, jamur, dan virus,'' ungkapnya.

Skenario terburuk bisa terjadi seperti berakhir dengan infeksi bakteri yang disebabkan oleh staphylococcus aureus. Jika itu tidak segera diobati dengan antibiotik, bakal menembus jauh ke dalam kulit dan menemukan jalannya ke dalam aliran darah.

Agar lebih aman, Lauren Ploch dan American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk memberi waktu antara mencukur bulu kaki dan pedikur.

''Saya merekomendasikan menunggu sampai kulitnya benar-benar sembuh (satu sampai dua minggu) atau melakukan pedikur di rumah,'' tambahnya.

Mungkin sepele, tapi risiko yang bisa didapat cukup serius, karena terinfeksi bakteri, jamur dan virus saat melakukan perawatan tersebut.

Jadi, sebaiknya manikur dan pedikur dilakukan sebelum mencukur bulu kaki atau berikan jeda untuk bulu kaki tumbuh sedikit minumal 1-2 minggu setelah cukur. 

Sumber: GuideKu

Baca Juga

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jangan Cukur Bulu Kaki Saat Lakukan perawatan Ini, Bisa Infeksi : https://ift.tt/2Rfj1RX

0 komentar:

Posting Komentar