Ibu, Lakukan Ini Agar Keamanan Pangan Anak Terjaga

Suara.com - Makanan yang aman dan bernutrisi merupakan salah satu unsur utama untuk mendukung anak dan keluarga yang sehat. Soal keamanan pangan yang dikonsumsi keluarga, ibu punya peran yang sangat penting.

Menurut data WHO, 1 dari 10 orang di seluruh dunia jatuh sakit setiap tahun karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Terlebih, anak berusia di bawah lima tahun memiliki resiko besar terjangkit penyakit yang berhubungan dengan foodborne diseases.

Disampaikan dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinis, makanan yang tidak aman membawa bakteri, virus, parasit berbahaya, serta bahan kimia yang dapat menyebabkan 200 jenis penyakit, termasuk diare. Menurut dia, penyediaan nutrisi dan pemilihan menu makanan setiap hari merupakan salah satu tantangan bagi para ibu.

"lbu perlu untuk lebih memperhatikan keamanan pangan untuk menghindari kontaminasi bakteri yang dapat menimbulkan penyakit bawaan pangan. Selain itu, ketelitian ibu dalam mempersiapkan bahan makanan dengan baik akan bermanfaat untuk menjaga kandungan gizi yang optimal dari makanan yang disajikan karena dapat memengaruhi kesehatan dan masa depan mereka," ujar dr. Juwita dalam Edukasi ’Menu Aman Pilihan lbu, Inspirasi Hidup Sehat Keluarga’ di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Lebih lanjut, dr. Juwalita menambahkan bahwa ada tiga tahap yang perlu diperhatikan ibu dalam menjaga keamanan pangan. Pertama bisa dimulai dari pemilihan bahan pangan segar dan kemasan, penyimpanan pangan yang tepat, dan proses pengolahan dan penyajiannya.

"Ibu harus memilih bahan yang segar dan sehat, perhatikan kondisi dan label pangan kemasan, perhatikan tata cara menyimpan berbagai jenis pangan, perhatikan kebersihan tangan dan alat masak untuk menghindari kontaminasi silang. Setelah itu, penting juga untuk memperhatikan nutrisi seimbang untuk anak yang terdiri dari makronutrien dan mikronutrien," tambah dia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Danone Nutricia Sarihusada menyambut datangnya Hari Ibu melalui edukasi berkelanjutan kampanye ‘Pangan Aman Hidup Sehat’ dan berbagi tentang pemilihan, proses, serta penyajian pangan yang tepat dan aman, agar ibu dapat terus memberikan nutrisi terbaik bagi keluarganya.

Disampaikan Arif Mujahidin, Communication Director Danone Indonesia, Kampanye 'Pangan Aman Hidup Sehat' merupakan edukasi berkelanjutan dari Danone Nutricia Sarihusada yang teiah berlangsung sejak 2016.

"Kampanye ini merupakan wujud nyata komitmen kami selaku produsen terhadap konsumen mengenai pangan yang aman agar masyarakat menjadi konsumen yang cerdas dan bijak dalam memilih dan mengonsumsi produk pangan. Pada tahun ini, kami membawa tema 'Menu Aman Pilihan Ibu, Inspirasi Hidup Sehat Keluarga’, sekaligus untuk merayakan datangnya Hari Ibu," tandas dia.

Baca Juga

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Ibu, Lakukan Ini Agar Keamanan Pangan Anak Terjaga : https://ift.tt/2ECzlGq

0 komentar:

Posting Komentar