Banyak Khasiat, Buah Jamblang Ampuh Atasi Diare hingga Diabetes

Suara.com - Buah jamblang yang banyak ditemukan di pedesaan ternyata menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan. Di antaranya, racikan buah jamblang disebut bisa mengatasi diare hingga menjaga gula darah pasien diabetes .

Jamblang merupakan tanaman dari suku jambu-jambuan. Tanaman ini juga dikenal dengan nama jambu kling, nunang, jambu koliong, jambu kalang, jambulang, jambulan, jombulan, jumblang, dan jambula.

Ciri khas jamblang dapat dilihat dari bentuknya yang agak lonjong, keunguan, memiliki permukaan yang halus serta memiliki biji tunggal.

Soal rasa, buah jamblang mungkin sedikit berbeda dari kebanyakan buah lainnya. Dengan rasa agak sepat, manis, dan bercampur asam, jamblang paling sering dikonsumsi sebagai manisan.

Kandungannya vitamin dan nutrisinya pun tidak sedikit. Jamblang kaya akan tanin, asam galat, dan glukosida phytomelin.

Untuk mendapatkan khasiat buah jamblang bagi kesehatan, ini dia resepnya:

Batuk rejan: Ambil 15 gram buah yang telah dikeringkan, kantong empedu ayam betina dan gula pasir secukupnya. Tambah air dan kukus hingga matang. Konsumsi sehari sekali.

Diare: Rebus kulit pohon jamblang yang telah dikeringkan menggunakan 1 gelas air selama 1/2 jam. Saring kemudian minum 3 kali sehari.

Batuk kronik: Gunakan 15 gram buah jamblang segar, buang bijinya dan makan. Konsumsi 3 kali sehari.

Diabetes: 15 biji jamblang ditumbuk hingga halus kemudian rebus menggunakan 2 gelas air dan minum 3 kali sehari.

Ngompol: 7 biji jamblang ditumbuk sampai halus, kemudian rebus menggunakan 1,5 gelas air dan sedikit gula aren, sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini sekaligus pada sore hari sampai ngompolnya sembuh.

Himedik/Yuliana Sere

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Banyak Khasiat, Buah Jamblang Ampuh Atasi Diare hingga Diabetes : http://bit.ly/2TnMrue

0 komentar:

Posting Komentar