10 Bagian Tubuh yang Wajib untuk Dibersihkan

Suara.com - Bagian tubuh haruslah dibersihkan dengan benar. Apalagi untuk bagian-bagian tertentu karena disebut paling kotor dari bagian tubuh lainnya yang dapat menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri.

Berikut daftarnya seperti yang dilansir Boldsky.  


1. Telinga
Kita tidak berbicara tentang membersihkan bagian dalam telinga, tetapi di belakang telinga. Saat mandi, bagian belakang telinga tidak diperhatikan yang memberi jalan pada penumpukan kotoran karena kelenjar sebaceous yang ada di sana mengeluarkan sebum untuk menjaga kulit telinga Anda tetap lembab. 

Sebum berminyak ini menarik kotoran dan bakteri, yang bila tidak dibersihkan setiap hari dengan air, akan mulai berbau. Nah, untuk membersihkan bagian dalam telinga, seseorang seharusnya tidak membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud karena dapat menyebabkan luka pada telinga.


2. Punggung 
Bagian satu ini mungkin akan ikut basah saat mandi, tetapi tidak sepenuhnya bersih seperti yang Anda bayangkan. Bagian belakang adalah salah satu bagian tubuh yang terabaikan dan salah satu area tubuh terbesar. Apalagi, saat Anda meletakkan punggung Anda di tempat tidur, sangat mudah bagi pori-pori dan kelenjar di punggung untuk tersumbat. Jadi tidak membersihkan punggung Anda secara menyeluruh dapat menyebabkan jerawat di sana.


3. Jerawat tubuh
Jerawat di tubuh disebabkan ketika ada penumpukan sebum yang memicu bakteri yang hidup di kulit dan akhirnya mulai berkembang biak dan menyebabkan jaringan kulit di sekitarnya menjadi meradang. Ini disebabkan terutama oleh tiga faktor, yakni kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati yang berlebihan, dan peningkatan bakteri penyebab jerawat


4. Pusar
Kebanyakan orang mengabaikan pusar saat mandi. Pusar jika tidak dibersihkan dengan benar, dapat mulai mengumpulkan kotoran dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Setelah bakteri mulai berkembang biak, itu menyebabkan bau tak sedap dan infeksi kulit. Disarankan untuk membersihkan pusar dengan bantuan handuk saat mandi.


5. Mulut 
Mulut adalah salah satu tempat paling kotor dari tubuh manusia. Ada lebih dari 700 juta jenis bakteri yang hidup di mulut. Bakteri ini mendapatkan makan dan berkembang biak di mulut Anda, terutama bakteri Streptococcus yang memakan gula dan makanan bertepung karbohidrat yang Anda konsumsi.

Selain itu, bakteri sebagian besar juga hadir di lidah dan struktur lidah. Jadi, sangat penting untuk membersihkan lidah Anda dengan scraper lidah atau sikat gigi setiap selesai makan.


6. Kulit kepala 
Apakah Anda mencuci kulit kepala setiap hari? Jika tidak, maka bisa terjadi peningkatan jumlah sel kulit mati yang menjadi sumber bakteri dan tungau. Mencuci rambut dan kulit kepala dapat mencegah kulit kering, gatal, dan terkelupas. Ini juga mencegah penumpukan ketombe yang menarik lebih banyak kuman dan kotoran di kepala Anda.


7. Kaki dan jari kaki
Membersihkan dan menggosok kaki dan jari kaki Anda dengan batu apung sangat penting karena ini adalah salah satu area di mana kotoran mudah terbentuk. Tinea pedis adalah jenis jamur yang menyebabkan masalah kulit si kaki dan berkembang di antara atau di belakang jari kaki Anda. Jadi, cuci dan bersihkan area antara jari-jari kaki Anda dengan sabun dan air dan rawat kaki Anda sebaik mungkin.


8. Kuku 
Anda mungkin sering melihat adanya kotoran hitam yang menumpuk di bawah kuku. Ketika Anda bersin, atau membersihkan daging mentah dan melakukan hal-hal lain dengan jari-jari Anda, kotoran dan debu mudah terperangkap dan bakteri feses dapat dengan mudah berkembang biak di dalamnya. 


9. Bokong 
Bokong adalah bagian tubuh lain yang membutuhkan perawatan ekstra. Berkeringat di bagian itu sangat umum dan jika daerah itu tidak dibersihkan dapat menyebabkan jerawat. Sel-sel kulit mati juga dapat menyebabkan kulit kering. Jadi sangat penting untuk membersihkan bokong Anda dan melembabkannya.


10. Tangan
Tidak mencuci tangan dengan benar akan membuat Anda sakit karena tangan menyentuh banyak hal sepanjang hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Health, 95 persen orang tidak tahu cara mencuci tangan dengan benar. Sebaiknya, membersihkan tangan Anda selama setidaknya 20 detik.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 10 Bagian Tubuh yang Wajib untuk Dibersihkan : http://bit.ly/2Fx8pbh

0 komentar:

Posting Komentar