Moms, Begini Caranya Menstimulasi Indera Penglihatan Bayi

Suara.com - Pada usi nol, panca indera bayi belum bisa berfungsi seperti layaknya orang dewasa. Untuk itu selain memberi gizi dan nutrisi yang baik, bayi juga harus distimulasi guna melatih kepekaan panca inderanya atau indera penglihatan bayi .

Misalnya untuk indera pengelihatan. Saat baru lahir pengelihatan bayi belum normal, bayi juga belum bisa membedakan warna. Untuk melatih indera pengelihatan bayi , orang tua atau pengasuh bisa melakukan beberapa cara ini guna menstimulasi mata.

Berikut beberapa cara untuk menstimulasi pengelihatan bayi yang dirangkum Suaram.com dari berbagai sumber.

Lakukan kontak mata

Nyanyikan lagu-lagu untuk si kecil. Saat bernyanyi lakukan kontak mata dengan menunjukkan berbagai ekspresi. Atau ibu juga bisa secara aktif mengajak bayi berinteraksi dengan bicara, tunjukkan senyuman dan lakukan kontak mata.

Face to face

Perlu diketuhui bahwa pada bulan pertama, jarak pandang bayi hanya sekitar 20-30 cm saja. Dekatkan wajah saat menggendongnya agar si kecil bisa melihat dengan jelas.

Warna kontras

Pada usia satu bulan, bayi baru bisa melihat warna kontras. Latihlah pengelihatannya dengan menyediakan mainan hitam putih, gambar atau pola hitam-putih.

Warna dasar

Memasuki usia 3-4 bulan, pengelihatan bayi sudan mulai jelas dan sudah bisa membedakan warna. Ambil mainan-mainan yang bisa digerakan, itu sangat menarik bagi bayinya.

Cermin

Saat usia 4 bulan bayi makin tertarik dengan bayangan di cermin, awalnya bayi tidak tahu siapa yang ada di cermin, tetapi bila terus dilatih bayi akan tahu.

Sembunyikan benda

Memasuki usia 5 bulan, coba ajak main bayi untuk mencari benda. Sembunyikan maianannya, nanti anak akan menemukannya sendiri.

Jadi lakuka hal di atas untuk menstimulasi indera penglihatan bayi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Moms, Begini Caranya Menstimulasi Indera Penglihatan Bayi : http://bit.ly/2W3MD45

0 komentar:

Posting Komentar