Perlukah Anak Usia 3 Tahun Les Bahasa Inggris? Ini Kata Psikolog

Suara.com - Anak usia tiga tahun perlukah siikutkan les Bahasa Inggris ? Ini kata psikolog.

Di era seperti sekarang, penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu modal untuk unggul di dunia kerja, umumnya, mereka yang lancar berbahasa Inggris di saat dewasa, sudah sering terpapar bahasa Internasional ini sejak kecil. Lalu kapan usia ideal mengenalkan anak pada bahasa Inggris?

Disampaikan Psikolog anak dan keluarga Elizabeth Santosa atau yang akrab disapa Lizzie, sebenarnya tidak ada rumusan ideal untuk mengajarkan anak bahasa Inggris. Menurut dia, bahasa Inggris sudah bisa dikenalkan sejak anak lahir atau ketika mulai mengenal kosakata sederhana seperti 'mama' dan 'papa'.

"Kalau kapan idealnya dikenalkan sejak lahir bisa. Kalau mamanya orang Indonesia dan papanya bule tentu bahasa Inggris sudah menjadi bahasa ibu bagi anak itu. Jadi tergantung nilai keluarga saja. Kalau kedua orangtuanya terbiasa bercakap menggunakan bahasa Inggris ya bisa langsung dikenalkan ke anak," ujar dia dalam temu media 'EF Small Stars' di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Lizzie menambahkan, sebenarnya orangtua bisa mengajari sendiri buah hatinya bahasa Inggris. Namun kata dia, anak juga membutuhkan interaksi sosial bersama teman-teman seusianya yang juga dapat membantunya menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Itu sebabnya kata dia, tak ada salahnya orangtua untuk mulai memasukkan anak ke lembaga bahasa ketika masih usia dini, namun harus dipastikan suasana belajar menyenangkan untuk anak.

"Ketika suasana belajar menyenangkan, anak akan bahagia. Ketika bahagia anak jadi punya energi lebih yang melampaui kapasitasnya. Dia menjadi lebih mudah dalam menyerap pelajaran yang diberikan," imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Elisabeth Maria, Regional Director EF English First Indonesia mengatakam bahwa EF English First for Kids & Teens meluncurkan inovasi program EF Small Stars untuk anak usia 3-6 tahun. Program ini, kata Elisabeth, menggunakan metode belajar holistik melalui pendekatan pendidikan yang disesuaikan dengan tahapan usia anak.

"Pembelajaran ini dirancang agar dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, kemampuan motorik halus dan kasar, serta kemampuan bahasa dan kognitif anak dengan optimal. Melalui materi pembelajaran dan aktivitas yang menyenangkan, anak akan memiliki antusiasme belajar yang tinggi dan menikmati proses belajar, sehingga mampu mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri dengan Iebih baik," ujar Elisabeth.

Keterlibatan orangtua dalam keberhasilan program ini juga dibutuhkan. Itu sebabnya EF, kata dia juga memiliki aplikasi yang dapat diakses di dalam kelas maupun di rumah bersama orangtua, sehingga proses belajar menjadi lebih maksimal.

Jadi tidak ada salahnya memulai mengenalkan anak Bahasa Inggris sedini mungkin dengan memasukkannya les Bahasa Inggris. 

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Perlukah Anak Usia 3 Tahun Les Bahasa Inggris? Ini Kata Psikolog : http://bit.ly/2CEQI63

0 komentar:

Posting Komentar