Geraham Bungsu Tak Kunjung Tumbuh, Waspada Risiko Kista Gigi

Suara.com - Gigi bungsu atau gigi geraham terakhir umumnya tumbuh di usia belasan tahun atau di awal usia dua puluh tahunan. Tumbuhnya gigi bungsu ini kerap menimbulkan masalah, salah satunya adalah rasa nyeri yang luar biasa. Itu sebabnya banyak orang yang berharap gigi bungsu ini tidak tumbuh karena khawatir dengan rasa nyerinya, dan solusinya hanya dengan mencabutnya dengan operasi kecil.

Namun Anda malah harus khawatir ketika gigi bungsu ini tidak tumbuh. Lho kenapa?

Disampaikan Dr. drg. Menik Priaminiarti, SpRGK (K), dari RSPI, gigi bungsu yang tidak tumbuh ini bisa berisiko menjadi kista . Meski kasusnya tidak banyak, menurut dia risikonya tetap ada.

"Kista itu asalnya dari selubung gigi bernama folikel ketika gigi masih menjadi benih. Pada waktu tumbuh, gigi akan diselubungi dan mengikuti gigi sampai gigi muncul di rongga mulut," ujar drg Menik dalam temu media di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

"Harus dioperasi. Kista yang ini bukan tumor yang di jaringan lunak tapi di jaringan tulang. Jadi yang diserang adalah bagian tulang," lanjutnya. 

Ketika gigi tumbuh maka folikel atau selubung gigi akan hilang. Nah yang harus dikhawatirkan adalah ketika gigi tidak tumbuh. Folikel bisa tumbuh tidak normal dan berkembang menjadi kista. Umumnya kata dia, kondisi ini terjadi pada mereka yang memiliki ukuran rahang kecil.

"Rahang kecil bisa karena teori evolusi. Semakin kecil karena pola makan, evolusi ukuran tulang manusia. Gigi yang paling akhir tumbuh tidak kebagian ruang. Ini biasanya akan tertahan di dalam rahang karena tidak memiliki ruang," imbuh dia.

Meski begitu faktor genetik juga bisa memicu hal ini. Nah jika memang dideteksi adanya kista karena gigi yang tak kunjung tumbuh ini, drg Menik mengimbau agar pasien segera menjalani operasi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Geraham Bungsu Tak Kunjung Tumbuh, Waspada Risiko Kista Gigi : http://bit.ly/2FvHeh8

0 komentar:

Posting Komentar