Agar Tak Keracunan saat Makan Sashimi, Pakar Minta Perhatikan 2 Hal Ini

Suara.com - Menikmati makanan khas Jepang yang mentah dengan tekstur lembut menjadi sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Salah satunya yaitu sashimi , makanan Jepang berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Makanan laut segar seperti ikan, kerang, dan udang karang dihidangkan dalam bentuk irisan kecil yang mudah dimakan, sedang udang berukuran kecil ada yang hanya dikupas kulit dan dibuang kepalanya saja, sungguh menggugah selera.

Namun, mengkonsumsi makanan mentah tak menutup kemungkinan menimbulkan risiko. Ada beberapa ancaman yang harus diwaspadai ketikan Anda mengonsumsi sashimi, seperti ikan yang mungkin tidak segar, ikan busuk, dan bakteri yang tercemar dalam ikan. Sedangkan ancaman lainnya yang sulit dideteksi adalah parasit

Maka tak heran bila kerap terdengar kabar bahwa ada beberapa orang yang keracunan usai menyantap sashimi. Lantas, bagaimana cara menikmati sashimi yang aman?

Pakar pangan, Prof. Nuri Andarwulan selaku Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Technology (SEAFEST) mengatakan ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mengonsumsi sashimi yang aman.

“Pertama, makan sashimi yang aman pastinya harus aman di kantong. Karena sashimi itu termasuk makanan mahal, jadi pastikan tidak membatasi isi kantong, jadi kita bisa aman menikmati sashimi,” candanya.

Ia menambahkan, sashimi tergolong mahal karena memakai jenis ikan seperti tuna dan salmon yang memang mahal. Selain itu produknya harus berkualitas.

“Makan sashimi sebetulnya boleh dan aman saja jika ikan yang dipakai oleh restoran adalah ikan yang bagus, artinya tidak ada bau amis dan bau tengik. Kalau itu sudah terpenuhi silahkan makan sepuasnya,” kata jelas prof Nuri saat ditemui Suara.com beberapa waktuk lalu.

Lebih lanjut, ia mengingatkan agar penikmat sashimi tidak lupa mencapurkan wasabi ke dalam bumbu saat makan sashimi, karena wasabi berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada di hidagan-hidangan mentah.

“Kedua, sashimi yang baik adalah saat disajikan ikannya terasa manis dan segar, Itu saja,” tukasnya.

Itulah tips dari pakar agar tidak keracunan saat makan makanan mentah seperti sashimi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Agar Tak Keracunan saat Makan Sashimi, Pakar Minta Perhatikan 2 Hal Ini : http://bit.ly/2AoC2aK

0 komentar:

Posting Komentar